Opini

Optimalisasi Perlindungan Hukum bagi Pasien: Sebuah Perspektif Analitik

Dr. Teddy Prima Anggriawan., S.H., S.Sos., M.Kn., M.H., CLA.
115
×

Optimalisasi Perlindungan Hukum bagi Pasien: Sebuah Perspektif Analitik

Share this article
Perlindungan Hukum bagi Pasien
Ilustrasi Gambar / Sumber: Canva AI

Literasi Hukum – Hak atas kesehatan merupakan hak fundamental yang dilindungi oleh hukum di Indonesia. Artikel ini membahas tentang perlindungan hukum bagi pasien dalam interaksi mereka dengan sistem layanan kesehatan.

Hak atas Kesehatan

Hak atas kesehatan diakui sebagai salah satu elemen fundamental hak asasi manusia. Ini tercermin dalam berbagai instrumen hukum internasional yang mengartikulasikan pentingnya standar hidup yang memadai untuk kesehatan dan kesejahteraan. Spesifik dalam konteks Indonesia, konstitusi nasional serta legislasi terkait menjamin hak setiap individu untuk mengakses layanan kesehatan. Namun, realisasi hak ini sering kali dihadapkan pada sejumlah tantangan, terutama terkait dengan perlindungan hukum bagi pasien dalam interaksi mereka dengan sistem layanan kesehatan.

Analisis komprehensif terhadap kerangka hukum yang ada menunjukkan bahwa meskipun ada ketentuan yang jelas tentang hak untuk mendapatkan layanan kesehatan, praktik di lapangan sering kali menimbulkan kasus-kasus di mana pasien merasa tidak mendapatkan perlindungan yang memadai. Kasus-kasus kelalaian medis, misalnya, membawa kita pada pertanyaan tentang sejauh mana hak pasien dilindungi dalam praktek medis.

Perlindungan hak pasien dalam pelayanan kesehatan merupakan sebuah prinsip yang dijunjung tinggi, sesuai dengan mandat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2023 tentang Kesehatan. Walaupun demikian, terdapat tantangan dalam penerapannya di lapangan, di mana masih terdapat ruang untuk peningkatan dalam hal kesetaraan pelayanan, privasi, dan transparansi informasi mengenai prosedur medis.

Situasi ini mengundang kebutuhan akan peningkatan kesadaran dan pemahaman dari semua pihak terkait, mulai dari penyedia jasa kesehatan hingga masyarakat umum, tentang pentingnya menghormati dan melindungi hak-hak pasien.

Upaya bersama dalam memastikan praktik pelayanan kesehatan yang berkualitas, adil, dan bebas dari diskriminasi menjadi langkah penting untuk mewujudkan sistem kesehatan yang lebih inklusif dan menghargai martabat setiap individu.

Kesadaran bersama terhadap penghormatan hak pasien akan mencerminkan kemajuan dan peradaban suatu bangsa dalam mengupayakan kesejahteraan umum.

Basis Normatif Perlindungan Hukum bagi Pasien

perlindungan hukum bagi pasien
Ilustrasi Gambar / Sumber: Canva AI

Guna meningkatkan perlindungan hukum bagi pasien, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan telah menetapkan basis normatif yang kuat. Undang-undang ini secara eksplisit menegaskan tanggung jawab legal entitas penyedia layanan kesehatan, termasuk rumah sakit, dalam kasus malpraktik atau kelalaian yang merugikan pasien.

Selain itu, penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di fasilitas kesehatan ditekankan sebagai mekanisme preventif dan kualitatif untuk memastikan kepatuhan terhadap standar pelayanan yang etis dan profesional.

Meskipun demikian, penerapan legislasi dan SOP tidak secara otomatis menjamin perlindungan efektif bagi pasien. Edukasi dan advokasi terhadap hak-hak pasien merupakan langkah penting lainnya.

Pasien harus dilengkapi dengan pengetahuan yang cukup mengenai hak-hak mereka, termasuk hak untuk mendapatkan informasi lengkap dan jujur tentang perawatan yang akan mereka terima, hak untuk memberikan persetujuan yang berdasarkan informasi (informed consent), serta hak untuk mendapatkan kompensasi atau restitusi atas kerugian yang dialami akibat kelalaian medis.

Perlindungan hukum bagi pasien dalam pelayanan kesehatan merupakan isu multifaset yang memerlukan pendekatan holistik. Ini mencakup penguatan kerangka hukum, peningkatan implementasi SOP, serta peningkatan kesadaran pasien tentang hak-hak mereka. Hanya melalui sinergi antara pemerintah, penyedia layanan kesehatan, dan masyarakat sipil, perlindungan hukum bagi pasien yang efektif dapat sepenuhnya terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.